Dakupoenya's Blog

Semua Yang Baru oke Poenya

KIAT MEMOTIVASI DIRI

Kiat Motivasi Diri Sendiri

Ada beberapa tips motivasi diri sendiri :

1.      Melakukan refleksi terhadap apa yang akan kita capai lalu menuliskannya di selembar kertas.Untuk bisa melakukan Motivasi Diri terhadap diri kita, kita harus tahu apa tujuan yang ingin kita capai. Lalu kita harus mengembangkan perencanaan jangka pendek maupun jangka panjang. Jalan mana yang akan kita pilih, haruslah mendukung dan sesuai logika. Kita tidak bisa memilih jalan yang kita sendiri tahu bahwa kita tidak akan sanggup menjalaninya. Akhirnya yang akan kita temui adalah kegagalan dan keputusasaan sebelum kita mampu mencapai tujuan kita tersebut arti kata lain ialah Manajemen Kepemimpinan & Pengembangan Kepemimpinan diri sendiri.

2.      Berhentilah menundaMenunda-nunda adalah hal yang bisa membunuh impian kita. Juga mampu membunuh motivasi atau Pengembangan Diri dalam diri kita sendiri. Tetapkan batas waktu untuk mencapai satu tujuan, dan berpeganglah pada Manajemen Kepemimpinan & Pengembangan Kepemimpinan dengan batas waktu yang kita tentukan sendiri. Dengan memiliki perasaan dikejar batas waktu, kita juga akan lebih fokus dan berusaha untuk memenuhi tujuan Psychotronica tersebut. Namun berhati-hatilah dengan menentukan batas waktu, jangan sampai waktu yang kita tentukan sendiri membuat kita stres dan frustasi(Manajemen Diri), sehingga malah merusak mental dan pikiran kita. Pikirkanlah batas waktu yang tepat dan tetap membuat anda nyaman dalam menjalaninya. Terburu-buru juga bukanlah hal yang baik.

3.      Menghadiahi diri sendiriSetiap orang merasa senang bila diberikan hadiah atau penghargaan ketika menyelesaikan sesuatu atau tujuan tertentu. Jadi cobalah untuk memberikan hadiah atau menghargai diri(Manajemen Diri) kita sendiri ketika kita menyelesaikan satu bagian dalam perencanaan kita untuk mencapai tujuan akhir kita. Hal ini membuat kita akan memiliki harapan untuk bisa menyelesaikan bagian-bagian berikutnya untuk memperoleh hadiah yang lebih baik. Kita bisa coba berjanji pada diri sendiri, misalnya ; kita tidak akan membeli baju baru sampai salah satu rencana kita selesai. Jadi ketika rencana tersebut selesai kita akan memiliki rasa bangga pada diri sendiri..

4.      Bersenang-senanglahDalam melakukan Pengembangan Diri atau pekerjaan kita sering dihadapkan dengan masalah ataupun beban pikiran yang berat, jadi rasa humor yang cukup bisa menjadi salah satu kunci untuk sukses. Cobalah untuk tidak terlalu berat memikirkan masalah dan pekerjaan. Belajarlah untuk menikmati apa yang kita lakukan setiap hari, sehingga kita bisa tetap termotivasi dan merasa antusias. Dan dengan tetap memiliki perasaan tersebut, kita bisa membantu diri sendiri mengontrol tingkat Psychotronica atau stres yang kita miliki.Motivasi Diri sendiri memiliki keuntungan tersendiri dan juga memacu diri kita untuk bisa lebih berkembang, lebih baik, dan mengarah pada kesuksesan.
Dengan memotivasi diri sendiri, berarti kita juga bisa menciptakan jalan-jalan baru untuk melangkah mencapai tujuan kita

Sepuluh Cara Untuk Membantu Memotivasi Diri:

1.      Susun rencana dengan membuat komitmen yang tidak bisa dibatalkan untuk mendapatkan tujuan itu.

2.      Pertimbangkan segalanya dalam waktu lama dan bukan hanya dalam waktu singkat

3.      Motivasi diri dengan memotivasi orang lain

4.      Bicara dengan orang yang positif

5.      Gunakan percakapam dengan diri sendiri atau penegasan yang positif

6.      Jangan bermuram durja, lakukan saja

7.      Dengarkan materi yang memotivasi

8.      Baca buku dengan baik

9.      Tepuk tangan

10.  Berikan penghargaan diri

Bagaimana Mengatasi Kegagalan ?

Setiap orang sukses, tak peduli siapa mereka atau darimana mereka berasal, mengalami kegagalan sebelum berhasil. Kegagalan hanyalah bagian dari proses belajar yang tentu saja membantu kita untuk tumbuh.

Pada saat yang sama kegagalan juga mempersiapkan kita dan memastikan bahwa kita menghargai kesuksesan kita ketika ia benar-benar terjadi. Singkatnya jika kita mengalami kegagalan, lihatlah itu sebagai suatu kondisi yang tak terelakkan dan kita harus belajar menghadapinya. Dan pada akhirnya, yakinlah pada diri sendiri bahwa kita bisa melewati kegagalan itu untuk menuju kesuksesan.

“ Ketika kita yakin bisa menggapai

Dan mempercayai dengan segenap jiwa kita

Kita memiliki modal yang luar biasa

Dan kita pasti akan meraih tujuan kita”

Tips untuk mengatasi kegagalan :

1.      Cari kesuksesan dalam kegagalan

2.      Cari penyebabnya

3.      Gambarkan kesuksesan di masa lalu untuk mengurangi kegagalan saat ini

4.      Hitung ”berkah dan hikmah” yang tersimpan dalam kegagalan kita

5.      Buat rangkuman positif

6.      Latihan menyempurnakan

Berikut beberapa Kiat Fisik untuk Membangkitkan Motivasi

  1. Pastikan diri Anda berada pada posisi ‘akan memulai’

Cara lain untuk membangkitkan motivasi adalah berada pada posisi ‘akan memulai’ melakukan suatu pekerjaan. Posisi memulai bukan berarti secara mental, tapi juga secara fisik. Artinya, anda menggerakkan fisik anda dalam posisi stand by untuk melakukan suatu pekerjaan. Misalnya : Anda ingin makan mie tapi kurang termotivasi untuk masak mie, gerakkan tubuh anda untuk mengambil dan memegang mie. Peganglah terus mie tersebut dan gerakkan tangan anda untuk membuka mie tersebut, terus lakukan sampai muncul motivasi anda untuk melangkahkan kaki ke dapur dan memasak mie tersebut.

Sambil terus dalam posisi mulai, gerakkan hati dan pikiran anda untuk memunculkan semangat kerja. InsyaAllah dengan memaksakan diri berada pada posisi ‘akan memulai’, motivasi anda akan muncul untuk mulai bekerja.

  1. Segarkan badan Anda

Bekerja bukan hanya membutuhkan pikiran dan perasaan yang fresh tapi juga fisik yang fresh karena dapat membuat anda semangat bekerja.

Hindari bekerja tanpa istirahat sehingga anda mengalami kelelahan kronis. Terlalu lelah akan membuat semangat turun drastis. Dan beruntunglah seorang Muslim, karena minimal 5 waktu dalam sehari ada kesempatan untuk me re-charge semangat, pikiran dan tenaga. Selain itu fisik juga akan lebih fresh setelah terbasuh suci lagi mensucikan ( baca : wudlu ).

Begitu pula anda perlu mandi agar tubuh anda tetap segar dan kantuk pun hilang. Memakai wangi-wangian juga bermanfaat untuk membuat anda merasa segar. Yah, kalau anda tidak mandi, ngantuk dan bau badan juga menyengat, tentu akan membuyarkan konsentrasi dan menurunkan semangat kerja anda.

  1. Lakukan olahraga

Olahraga yang teratur akan membuat tubuh menjadi sehat dan segar sehingga tidak cepat merasa lelah. Hal ini membuat anda dapat beraktivitas secara teratur dalam waktu yang lama.

Pilih waktu olahraga yang membuat anda termotivasi untuk berolahraga, mungkin anda perlu mengajak orang lain untuk berolahraga bersama atau ikuti klub olahraga.

  1. Perhatikan penampilan Anda

Biasanya penampilan yang bersih dan rapi dapat membangkitkan motivasi. Mengubah penampilan juga dapat membuat anda kembali bersemangat, terutama jika anda sudah bosan dengan penampilan sehari-hari. Misalnya, biasanya memakai baju berwarna coklat, kenakan baju warna lain. Tapi kalo emang harus pake seragam ya, terima aja daripada di pecat.

Namun tentu saja mengubah penampilan harus disesuaikan dengan lingkungan profesi anda. Jangan jadi orang aneh.

  1. Jauhi rokok, alkohol dan obat-obatan terlarang

Jauhi sejauh-jauhnya ! Jangan coba mendekat !

  1. Hindari makan terlalu kenyang

Makan yang terlalu kenyang juga akan membuat badan menjadi malas bergerak. Orang yang makan terlalu kenyang biasanya langsung mengantuk.
Dan Qudwah Hasanah yang mulia Rasulullah saw mengajarkan makanlah secukupnya, makan yang baik itu adalah jika kita berhenti sebelum kenyang. Para ulama menganjurkan untuk menjauhi makan yang berlebihan karena dapat berdampak pada malas beribadah dan beramal. Malah kita dianjurkan untuk memperbanyak puasa.

  1. Hilangkan kebiasaan suka tidur

Sulit bagi orang yang suka tidur untuk bekerja dengan giat dan rajin.

  1. Lakukan relaksasi

Relaksasi adalah aktivitas yang membuat kita merasa rileks.
Salah satu contoh relaksasi adalah dengan berbaring dan melemaskan seluruh sendi tubuh. Kemudian menarik nafas selama 15 detik, lalu hembuskan nafas secara perlahan. Cara ini dilakukan berulang-ulang sampai muncul perasaan rileks. Bagus juga jika sembari relaksasi, kita memejamkan mata. Lalu membayangkan masa depan yang sukses. Tapi jangan sampe ngiler ya, itu berarti dah sleep.

  1. Atur posisi tubuh dan cara berjalan Anda

Orang yang bekerja dengan posisi tubuh yang tepat tentu lebih tahan lama bekerja daripada orang yang posisi tubuhnya kurang tepat. Misalnya, duduk dengan posisi bungkuk akan membuat badan cepat lelah dan sakit.

Cara berjalan yang dianjurkan adalah berjalan agak cepat seakan-akan anda melangkah di jalan yang menurun. Cara berjalan seperti ini akan membuat anda bersemangat dan merasa waktu bergerak cepat sehingga tidak ada waktu untuk berleha-leha. Nabi Muhammad saw juga memiliki kebiasaan berjalan cepat. Hal ini mempengaruhi semangat hidup beliau yang tinggi.

  1. Makanan bergizi.

Makanlah makanan yang halal lagi baik. Tentu masih inget dengan jargon itu. Halal tapi kalau tidak baik ( bergizi ) tentu akan berpengaruh pada metabolisme tubuh. Misal, ikan yang berformalin, junk food yang banyak beredar – yang kehalalannya pun belum jelas –.

Baik tapi tidak halal, kalau ini sih jelas harus bin wajib untuk dihindari. Misalnya, capcay yang pakai arak ( angciau ) dan minyak babi dan banyak diantara kita yang sering ’kepergok’ makan ini.

20 Kiat Memotivasi Diri

Hari ini adalah mikrokosmos dari hari-hari berikutnya dan merupakan bentuk mini dari keseluruhan hidup Anda. Tinggi rendahnya motivasi diri Anda, ditentukan dari bagaimana Anda memandang penting tidaknya hari ini.

Pada saat seseorang berhadapan dengan alternatif untuk menjadi seorang yang optimis atau pesimis, sesungguhnya dia sedang memutuskan sesuatu yang “besar”. Sebab, satu dari dua alternatif yang dipilih itu akan menentukan apakah orang tersebut akan merasa termotivasi atau akan berada dalam situasi dan kondisi yang demotivasi. Penggambaran yang gamblang tentang apa sebetulnya tujuan yang ingin dicapai merupakan modal awal yang sangat berharga. Sebab untuk benar-benar membuat diri dan kehidupan kita hidup, langkah kongkret mesti diambil.Kreasi baru dapat dilakukan bila motivasi sudah merajuk dalam jiwa. Seperti air mengalir, akan pindah dari suatu tempat ketempat lain. Kiat-kiat yang dapat membantu Anda yang ingin agar dirinya memahami, apa sebetulnya yang bisa Anda lakukan.

  1. Ciptakan Visi

Ciptakan sesuatu yang dapat “membangunkan” kita saat pagi menjelang. Sesuatu yang membangkitkan gairah hidup itu adalah visi. Visi harus dibentuk dan diciptakan dan jangan ditunda. Visi yang sudah Anda tetapkan boleh saja dirubah tapi jangan pernah berpikir untuk kosong dan tidak memiliki visi.

  1. Jauhi keinginan bersenang-senang

Bergembira untuk melepas lelah dan kepenatan tidak dilarang karena sangat diperlukan untuk membuat fisik dan mental Anda rileks sehingga tantangan berikutnya dapat dihadapi dengan lebih siap, tapi jangan hidup dalam budaya bersenang-senang terus.

  1. Gunakan perangkat yang Tepat

Dalam keadaan gembira, unsur-unsur kimia dalam tubuh berubah dan membuat motivasi serta energi seperti diperbaharui. Tapi, jangan terjebak mencari kegembiraan “di luar” diri Anda, sebab kegembiraan itu belum tentu ada disana, dia ada dalam diri Anda. Carilah yang cocok untuk merasa gembira sehingga mampu menggairahkan motivasi Anda.

  1. Kembangkan terus Tujuan Anda

Apa yang tidak mereka capai sesungguhnya disebabkan perumusan tujuan hidupnya dirumuskan sangat sederhana, atau terlalu samar. Akibatnya? Mereka tidak memiliki kekuatan. Padahal untuk mencapai sesuatu kita mesti tertantang untuk mengeluarkan kekuatan yang sebenarnya.. Yang membuat motivasi kita bangkit sebetulnya adalah perumusan target yang besar tapi spesifik.

  1. Tetapkan Saat Kematian

Anda boleh bahkan perlu memikirkan saat kematian datang meskipun gejala kearah itu belum tampak jelas. Mampu membayangkan saat-saat terakhir hidup, sesungguhnya merupakan saat-saat yang penuh sensasi. Anda dapat membayangkan bagaimana masa-masa menjadi anak, lalu bagaimana mulai tampil sebagai pribadi yang memiliki kreasi besar.

  1. Tinggalkan Teman yang Tidak Perlu

Secara perlahan-lahan tinggalkan teman-teman yang memang tidak dapat mendorong Anda mencapai tujuan hidup. Sebab, siapapun teman yang Anda gauli, seharusnya mampu menghadirkan perubahan. Hidup bersama dengan orang yang optimis sellu membuat kita berpikir, kemungkinan-kemungkinan tidak pernah tertutup.

  1. Dekati Rasa Takut

Sisi lain rasa takut adalah rasa aman dan keberuntungan. Pada saat dapat mengatasi rasa takut, saat itu Anda berhasil meningkatkan keyakinan diri bahwa Anda memiliki kemampuan untuk menjadikan hidup lebih baik.. Jika perasaan takut ini muncul, pejamkan mata seolah-olah takut itu tidak pernah ada.

  1. Membuat Jadwal Comeback

Upaya untuk pencapaian target tidak selamanya berupa jalan lurus, bisa jadi berliku, tanjakannya tinggi, turunannya sedikit. Meski begitu Anda tetap dapat merencanakan. Ambil kalender, tentukan saat merenung serta menyembuhkan diri. Bagi Anda yang sedang dalam posisi aman dan menguntungkan, langkah ini perlu juga diambil. Melakukan pembaharuan pada saat berada di atas, baik sekali. Rencanakan untuk menjauhi hal-hal tertentu, termasuk mungkin yang selama ini paling Anda sukai. Bila kelak Anda sampai pada saat yang menyenangkan itu lagi, rasanya akan lebih nikmat, sebab Anda sudah dalam kondisi diperbaharui.

  1. Ucapkan “Selamat Datang” pada Setiap Masalah

Setiap jalan keluar mengandung masalah baru. Bila kita memandang masalah sebagai kutukan, kita akan merasa makin sulit termotivasi. Sebaliknya bila kita selalu siap akan munculnya sebuah masalah, kita sudah menyisakan energi sehingga motivasi tetap tinggi.

10.  Awali dengan Rasa Senang

Banyak orang baru merasa senang bila target yang ditetapkan tercapai. Tetapi, bukan tidak mungkin keberhasilan itu tidak pernah datang. Dalam kondisi demikian Anda harus berhasil menjelaskan bahwa apa yang belum Anda capai itu bukan hasil dari kekuatan atau kemampuan Anda. Dengan begitu, Anda akan selalu merasa bahagia pada setiap langkah perjalanan karier atau hidup.

11.  Berlatih dengan Keras

Anda ingat sebuah lagu yang dibawakan oleh Achmad Albar “Dunia ini adalah Panggung Sandiwara” .Kita harus berlatih terus bila ingin berperan dengan baik. Prinsipnya tidak ada yang tidak dapat kita hadapi kalau pada masa depan ternyata kita mampu mengatasinya. Semakin giat berlatih semakin mudah pula mengatasi setiap “adegan”. Ingatlah sebuah peribahasa: “berakit-rakit dahulu, berenang-renang ketepian”.

12.  Membuka Masa Depan

Tugas kita pada saat kini adalah berlatih dengan penuh konsentrasi. Kita tidak hidup di masa lalu dan di masa mendatang. Fokuslah pada apa yang harus kita lakukan atau menetapkan tujuan. Buatlah moto “kini dan di sini” (right here and now) .

13.  Kembangkan Permainan

Hikmah dari sebuah permainan, selalu ada yang lebih baik dari kita. Kalau kita berpacu untuk mengalahkan sesesorang, sesungguhnya kita sedang “memanggil” sesuatu yang lebih atau kuat dari dalam diri kita. Ingatlah bukan bagaimana lebih baik dibanding orang lain, tapi jadilah lebih baik diandingkan diri sendiri.

14.  Lihat ke Dalam Diri Anda

Banyak dari kita menunggu penilaian diri dari orang lain. Memang baik selama masukannya positif. Namun bila berlangsung terus, kita sebetulnya dalam keadaan bahaya, sebab panggambaran diri kita jadi tergantung pada penilaian orang lain. Lihatlah ke dalam dan ciptakan sendiri ke dalam dan ciptakan sendiri kesan yang Anda inginkan tentang diri Anda.

15.  Berangkat Perang.

Untuk berperang kita tidak perlu menunggu datang bencana. Ciptakan sendiri tantangan yang dapat membuat Anda mengeluarkan kemampuan terbaik. Joan of Arc pernah berujar: “setiap perang muncul memiliki dua kemungkinan; akan Anda menangkan, atau sebaliknya, tidak pernah anda pikirkan sebelumnya.

16.  Ciptakan Perubahan Sekecil Apapun

Kalau ingin jadi pelukis, konsekuensinya Anda tidak boleh gemetar memegang kuas. Percayalah bahwa hal-hal kecilpun terasa menarik bila dikerjakan dengan cara yang berbeda. Tidak ada yang sia-sia dari sebuah perubahan, meskipun kecil.

17.  Lakukan dengan cara Konyol

Kadang-kadang kita tidak mengerjakan sesuatu karena takut tidak mampu melakukan dengan baik atau beralasan “sedang menunggu ilham”. Ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Bila merasa tidak termotivasi padahal anda perlu melakukan sesuatu, kerjakan dengan cara konyol (badly). Nikmati setiap bagian pekerjaan yang Anda lalui.

18.  Biasakan bertanya

Pada saat bertanya tentang sesuatu, bayangkan seuah pemikiran kritis, “apakah kita tidak bisa melakukannya dengan lebih kreatif? Jangan pernah puas dengan apa yang Anda lihat, munculkan sikap menolak dengan tujuan membuat Anda lebih kreatif.

19.  Biarkan Berjalan.

Biarkan motivasi diri berkembang dan hilangkan rasa grogi serta keraguan, dengan begitu Anda akan segera menemukan perkembangan.

20.  Curahkan Seluruh Kehidupan Anda Hari Ini.

Hari ini merupakan bentuk mini dari keseluruhan hidup Anda. Motivasi diri ditentukan dari bagaimana kita memandang penting tidaknya hari ini.

1 Januari 2010 - Posted by | Uncategorized | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: